Cerita Saya

Foto saya
Selalu belajar dan mencari ilmu yang berguna/bermanfaat untuk pribadi dan masyarakat.

Kamis, 23 September 2010

PROFESI TERBAIK

  • BERDAGANG SEBAGAI PROFESI TERBAIK , (Author: Triyanto)
  • BERDAGANG SEBAGAI PROFESI TERBAIK

    Allah SWT memberikan banyak pilihan kepada manusia untuk mencari penghidupan. Dan Allah SWT sangat mencintai hamba-hambanya yang giat dalam menjalani profesinya. Dan dengan hasil yang dia dapatkan kemudian dibelanjakan di jalan yang diridhaiNya. Untuk memenuhi kebutuhan keluarganyanya, juga untuk bersedekah, untuk persiapan masa depannya dan urusan-urusan yang baik(mashlahat). Allah SWT itu maha Baik. Dan hanya menerima yang baik-baik. Tujuan yang baik, niat yang baik, cara yang baik, dan perkataan yang baik

    Dalam sebuah hadits disebutkan :

    “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik,tidak menerima kecuali yang baik,dan bahwa Allah memerintahkan kepada orang-orang mukmin dengan apa yang diperintahkannya kepada para rasul dalam firman-Nya,”Hai rasul-rasul,makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shaleh .Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (al-Mu’minun: 51). Dan Ia berfirman, “Hai orang-orang yang beriman,makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu”, (al-Baqarah: 172). Kemudian beliau menyebutkan seorang laki-laki yang kusut warnanya seperti debu mengulurkan kedua tangannya ke langit sambil berdo’a: Ya Rabb,Ya Rabb, sedang makanannya haram,minumannya haram,pakaiannya haram,ia kenyang dengan makanan yang haram, maka bagaimana mungkin orang tersebut dikabulkan permohonannya?”. Dikeluarkan oleh Muslim, at-Tirmidzi.

    Salah satu profesi yang mulia disisi Allah adalah berdagang yaitu mengusahakan keuntungan dan keberkahan dengan transaksi jual-beli pada suatu barang atau jasa. Penjual mendapatkan keuntungan dengan harga yang dia berikan dan pembeli juga mendapat keuntungan dengan terpenuhinya barang-barang yang dia butuhkan. Dalam jual beli tersebut ada ijab-qobul baik berupa lisan, isyarat atau tulisan yang merepresentasikan keridhaan kedua pihak. Jual beli adalah cara yang paling baik bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan hidupnya. Jika jual-beli/perdagangan itu subur maka masyarakat akan makmur. Tentu dengan jual beli/perdagangan yang tidak menyalahi aturan Allah SWT.

    Allah berfirman: “Dan Allah menghalalkan jual beli serta mengharamkan riba..” (Al-Baqarah : 275) Dan Rasulullah SAW selalu menasehati kepada para pedagang agar berhati-hati dalam perniagaanya jangan sampai terperosok kedalam dusta, sumpah palsu, riba dan hal-hal yang terlarang.

    Ibnu Hibban dan Ibnu Majah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: “Wahai masyarakat dagang, sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan oleh Allah dalam keadaan durhaka, kecuali yang bertakwa pada Allah, berbuat baik dan berkata benar.”

    Muazd ra berkata: Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan pedagang-pedagang. Bila berbicara tidak bohong. Bila dipercaya tidak khianat. Bila berjanji tidak menyalahi. Bila membeli tidak mencela. Bila menjual tidak memuji dagangannya. Bila mempunyai tanggungan tidak menangguhkan sehingga masa perjanjian telah lewat. Bila hartanya pada orang lain tidak mempersulit.” (HR Al Baihaqi)

    Ibnu Umar ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: Pedagang yang dipercaya, selalu berkata benar yang beragama Islam, kelak di hari kiamat dihimpun bersama orang-orang yang mati syahid. (HR Ibnu Majah dan Al Hakim)

    Wallahua'lam
  • semoga bermanfaat

    1 komentar:

    Komentar tidak mengandung unsur PORNOGRAFI dan SARA

    Powered By Blogger

    Entri Populer