Cerita Saya

Foto saya
Selalu belajar dan mencari ilmu yang berguna/bermanfaat untuk pribadi dan masyarakat.

Selasa, 19 Oktober 2010

bai'at

ران المجاهد Para ahli ilmu membagi "BAI'AT" menjadi 3 macam, yaitu :

1. Bai'at Masuk Islam; Dari Mujasyi bin Mas'ud ra, bahwasanya ia dan anak saudaranya datang kepada nabi Saw hendak berbai'at untuk hijarh. Maka bersabdalah Rasulullah Saw: "Janganlah (berbai'at untuk hijrah) akan tetapi berbai'atlah untuk masuk islam, karena sesungguhnya tidak ada hijrah sesudah Fathu Mekkah, dan mengikutinya dengan kebaikan." (shahih Ahmad).

2. Bai'at Imarah (Imam); Dari Abdurrahman bin Abdu Rabbil Ka'bah dari Abdullah bin Amr bin Ash ra, bahwasanya Nabi Saw bersabda: "Barang siapa membai'at seorang imam, lalu ia memberikan telapak tangan dan buah hatinya, maka berikanlah kepadanya apa yang ia mampu. Maka jika datang yang lainnya untuk merebut, maka pukullah batang lehernya." (HR Abu Dawud - Muslim).

3. Bai'at Duniawi; Dari Abu Hurairah ra, ia berkata; Rasulullah Saw bersabda: "Tiga golongan manusia yang tidak akan berbicara Allah kepada mereka pada Hari Qiyamat dan tidak akan membersihkannya dan bagi mereka siksa yang pedih, yaitu : 1) seseorang yang kelebihan air di tengah jalan, tidak diberikan ke Ibnu Sabil. 2) Seseorang yang berbai'at kepada Imam, tidak lah ia bai'at kecuali karena dunia, jika diberinya apa yang diingininya , ia sempurnakan bai'atnya dan jika tidak diberinya ia tidak menepatinya, 3) seseorang yang berjualan dengan barang jualannya sesudah ashar, kemudian bersumpah atas nama Allah, sungguh akan diberikannya sekian dan sekian lalu dibenarkannya, kemudian diambil tapi tidak diberikannya." (HR Bukhari - Ahmad).

Syari'at Bai'at adalah syari'at Islam yang juga harus dilaksanakan secara wajar dan terbuka, sebagaimana melaksanakan syari'at yang lain (shalat, puasa, zakat, haji, dll). Bai'at adalah bagian dari sunnah Rasulullah Saw dan para sahabatnya. Dan termasuk amalan yang utama. Maka itu Allah menyediakan balasan surga (QS Al Fath: 10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar tidak mengandung unsur PORNOGRAFI dan SARA

Powered By Blogger

Entri Populer