Cerita Saya

Foto saya
Selalu belajar dan mencari ilmu yang berguna/bermanfaat untuk pribadi dan masyarakat.

Rabu, 08 Juni 2011

Menghina Ulama/insulting clerics




Ulama adalah orang yang memahami Agama dengan baik dan mengamalkannya. Allah meninggikan derajat ulama dan membedakannya dengan selainnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menyatakan bahwa ulama adalah pewaris para nabi, jalan yang mereka tempuh merupakan jalan ke surga.

Ibnul Qayyim berkata, “Sabdanya bahwa ulama adalah pewaris para nabi mengandung keutamaan terbesar bagi para ulama, para nabi adalah makhluk Allah terbaik, maka pewaris para nabi adalah makhluk Allah terbaik setelah mereka, manakala setiap warisan orang yang mati berpindah kepada ahli warisnya karena merekalah yang menggantikan posisinya setelahnya sementara tidak ada penerus para rasul dalam menyampaikan ajaran yang mereka bawa kecuali para ulama maka mereka paling berhak terhadap warisan mereka. Ini membuktikan bahwa para ulama adalah orang-orang terdekat kepada para nabi karena warisan hanya didapat oleh orang yang paling dekat kepada mayit hal ini sebagaimana ia berlaku untuk warisan dinar dan dirham, ia juga berlaku dalam warisan nubuwah dan Allah mengkhususkan rahmatNya kepada siapa yang dikehendaki.”

Lanjut Ibnul Qayyim, “Hadits ini juga mengandung petunjuk dan perintah kepada umat agar menaati, menghormati, mendukung, menghargai dan memuliakan mereka…. Hadits ini juga mengandung peringatan bahwa menyintai mereka termasuk agama dan membenci mereka bertentangan dengan agama sebagaimana hal itu berlaku untuk apa yang mereka warisi. Begitu pula membenci dan memusuhi mereka berarti membenci dan memusuhi Allah sebagaimana hal itu berlaku pada apa yang mereka warisi.”

Menghormati dan memuliakan ulama berarti memuliakan Allah Taala sebagaimana dalam hadits Abu Musa al-Asyari bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Di antara bentuk penghormatan kepada Allah adalah memuliakan muslim yang beruban, pembawa al-Qur`an yang tidak berlebih-lebihan padanya dan tidak meremehkannya serta memuliakan sultan yang berlaku adil.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud hadits 4843, dihasankan oleh al-Albani di Shahih at-Targhib wa at-Tarhib 1/44.

Bila menghormati para ulama diperintahkan, maka sebaliknya menghina dan merendahkan mereka dilarang. Al-Ghazali menyatakan bahwa menghina berarti merendahkan, menonjolkan aib dan kekurangan sehingga mengundang bahan tertawaan, bisa dengan menirukan perkataan, perbuatan, isyarat dan tanda.

Menghina ahli ilmu dan orang-orang shalih adalah salah satu sifat orang-orang kafir sekaligus salah satu ciri orang-orang munafik sebagaimana hal itu ditetapkan oleh al-Qur`an, salah satunya adalah firman Allah, “Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman.” (Al-Baqarah: 211).

Firman Allah tentang orang-orang munafik, “Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan, ‘Kami telah beriman.’ Dan bila mereka kembali kepada setan-setan mereka, mereka mengatakan, ‘Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok.” (Al-Baqarah: 14).

Musuh-musuh Islam dari kalangan orang-orang Yahudi, Nasrani dan orang-orang munafik zaman ini, para pengekor mereka berusaha memperburuk citra ulama dan meruntuhkan kedudukan mereka dalam jiwa umat.

Tercantum dari protokol tujuh belas milik orang-orang Yahudi, “Kami memiliki perhatian besar untuk meruntuhkan kehormatan orang-orang agama dari selain orang-orang Yahudi di mata manusia, dengan itu kami berhasil merusak risalah mereka yang bisa menjadi batu sandungan yang menghadang jalan kami, pengaruh orang-orang agama hari demi hari semakin melemah di mata manusia.”

Mereka berusaha mati-matian demi hal tersebut, mereka menyusun strategi-strategi besar demi menghalang-halangi dan memadamkan agama ini melalui serangan yang diarahkan kepada para pembawa Islam, dai-dai dan ulama-ulamanya, konspirasi-konspirasi ini telah memetik buahnya yang pahit sebagaimana ia bisa disaksikan pada tubuh umat. Media-media informasi di negeri-negeri muslim dan lainnya menjadi pelopor serangan ganas ini terhadap ulama Islam. Muncul penghinaan terhadap para ulama dan orang-orang shalih melalui berbagai media, orang-orang rendahan dari para pemuja syahwat dan syubhat menantang dengan sombong kedudukan ulama dan orang-orang shalih atas nama kebebasan berpendapat dan berpikir orang-orang shalih yang teguh beragama dilecehkan dibawa payung memerangi fundamentalisme dan kekolotan.

Kemungkaran ini menggunung karena didukung oleh beberapa sebab, di samping sebab yang telah dijelaskan di atas, kami menyebutkan sebab lain di antaranya,

Dominasi kebodohan terhadap agama di kalangan kaum muslimin baik kebodohan terhadap kehormatan muslim, keagungan hak dan kedudukannya atau kebodohan terhadap hukum menghina ahli ilmu dan orang-orang shalih, sebab lain yaitu dipinggirkannya syariat Allah Taala di negeri kaum muslimin… misalnya kalau ada seseorang yang murtad lalu dia dihukum sesuai dengan haknya maka tidak akan ada orang dungu menyombongkan diri di hadapan fatwa-fatwa ulama sebagaimana yang kita hadapi saat ini, orang dengan hati yang berpenyakit tidak akan mengejek kesucian dan keteguhan orang yang beragama baik. Cukuplah Allah sebagai penolong kita dan Dia adalah sebaik-baik penolong.

Meghina para ulama terbagi menjadi dua:

Pertama: Menghina pribadi mereka, misalnya orang menghina sifat-sifat mereka baik dari sisi bentuk ciptaan atau akhlak mereka, ini haram berdasarkan, firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (Al-Hujurat: 11).

Ibnu Katsir berkata tentang ayat ini, “Allah Taala melarang mengejek orang yakni menghina dan memperolok-olok orang sebagaimana diriwayatkan di dalam ash-Shahih dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, ‘Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.’ Yang dimaksud dengannya adalah merendahkan dan meremehkan mereka, ini haram karena bisa jadi yang dihina lebih mulia kedudukannya di sisi Allah dan lebih Dia cintai daripada orang yang mengejek dan menghina.”

Kedua: Menghina ulama karena mereka ulama, karena ilmu syar'i yang mereka miliki, ini kekufuran karena ia menghina agama Allah Ta'ala. Begitu pula menghina orang shalih karena keteguhannya beragama dan berpegang kepada sunnah, hinaan di sini mengarah kepada agama dan sunnah.

Mengapa menghina ulama dengan pertimbangan kedua termasuk kekufuran?

1- Allah menganggap menghina orang-orang mukmin menghina Allah Taala, ayat-ayatNya dan rasulNya shallallahu 'alaihi wasallam. Firman Allah Tabaraka wa Taala, “Katakanlah, ‘Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan rasulNya kamu selalu berolok-olok?’ Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (At-Taubah: 65-66).

Sebab turunnya ayat ini, Abdullah bin Umar berkata, dalam perang Tabuk seorang laki-laki berkata dalam suatu majlis, “Kami tidak pernah melihat seperti para qurra` itu, paling rakus makannya, paling dusta lidahnya dan paling takut di medan perang.” Lalu seorang laki-laki dalam majlis berkomentar, “Kamu dusta, kamu orang munafik, aku akan melapor kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.” Hal tersebut sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan al-Qur`an turun. Abdullah bin Umar berkata, “Aku melihat laki-laki itu bergelayutan di pelana unta Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tersandung batu, dia berkata, ‘Ya Rasulullah, kami hanya main-main dan bersenda gurau.” Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, “Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan rasulNya kamu selalu berolok-olok?’ Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.”

Dalam Fatwa al-Lajnah ad-Daimah tercantum, “Mencela agama memperolok-olok sesuatu dari al-Qur`an dan sunnah, memperolok-olok orang yang bepegang kepadanya dari sisi apa yang dia pegang seperti berjenggot atau behijab untuk muslimah maka ini adalah kufur jika dilakukan oleh mukallaf, patut dijelaskan kepadanya bahwa ia kufur, jika setelah mengetahui dia tetap teguh di atasnya maka dia kafir.” (Fatawa al-Lajnah ad-Da`imah 1/256-257).

2- Allah menyebutkan bahwa memperolok-olok dan menghina orang-orang mukmin lebih-lebih ulama adalah sebab masuk Neraka Jahannam.

Ketika penghuni neraka berteriak, “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami darinya dan kembalikanlah kami ke dunia, jika kami kembali kepada kekafiran, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim." (Al-Mukminun: 107). Allah Taala menjawab, ‘Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara denganKu. Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hambaKu berdoa (di dunia), ‘Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik. Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga kesibukanmu mengejek mereka, menjadikanmu lupa mengingatKu dan kamu selalu mentertawakan mereka.” (Al-Mukminun: 108-110).

3- Menghina para ulama karena ilmu syar'i yang mereka miliki dan karena mereka mengikuti al-Qur`an al-Karim dan sunnah nabi yang shahih pada hakikatnya adalah penghinaan terhadap ayat-ayat Allah dan pelecehan terhadap syariat agama Allah.

Tidak ragu bahwa penghinaan ini merupakan kekufuran yang bertentangan dengan iman. Firman Allah Taala, “Dan apabila dia mengetahui barang sedikit tentang ayat-ayat kami, maka ayat-ayat itu dijadikan olok-olok. Merekalah yang memperoleh azab yang menghinakan.” (Al-Jatsiyah: 9).

Ibnu Hazm berkata, “Shahih dengan nash bahwa siapapun yang menghina Allah atau salah seorang malaikat atau salah seorang nabi atau ayat al-Qur`an atau salah satu kewajiban agama, semua itu adalah ayat-ayat Allah, dia kafir setelah hujjah sampai kepadanya.” Wallahu a’lam.

Nukilan dari perkataan para ulama di bidang ini

Al-Qurthubi dalam tafsirnya terhadap firman Allah, “Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan .... Sehingga kesibukanmu mengejek mereka, menjadikanmu lupa mengingatKu.” Berkata, “Yakni kalian sibuk mengejek ketika namaKu disebut.” “Dan kamu selalu mentertawakan mereka” untuk mengejek mereka. Dari sini diambil kesimpulan: Peringatan terhadap mengejek, menghina dan merendahkan orang-orang lemah lagi miskin, melecehkan mereka dan menyibukkan diri dengan mereka dalam perkara yang tidak penting dan bahwa hal itu menjauhkan dari Allah azza wajalla.”

Dalam al-Fatawa al-Bazaziyah tercantum, “Merendahkan ulama karena mereka ulama adalah merendahkan ilmu dan ilmu adalah sifat Allah Taala yang Dia berikan sebagai karunia kepada hamba-hambaNya terpilih agar mereka membimbing hamba-hambaNya di atas pijakan syariat sebagai penerus para rasulNya. Jadi menghina ini diketahui kepada siapa ia kembali.”

Dalam kitab yang sama disebutkan, “Seorang laki-laki duduk di tempat tinggi atau tidak duduk di atasnya, akan tetapi mereka bertanya kepadanya tentang masalah-masalah dengan nada mengejek, mereka memukulinya dengan apa yang mereka inginkan sambil tertawa-tawa, mereka kafir.”

Ibnu Nujaim berkata, “Dan dia kafir dengan duduknya di tempat yang tinggi karena meniru (ulama dan santrinya) sementara dia bersama sekelompok orang yang bertanya seraya menertawakannya kemudian mereka memukulnya dengan kain, maka mereka semuanya kafir karena mereka mengejek syariat. Begitu juga kalau dia tidak duduk di tempat yang tinggi akan tetapi dia mengejek orang-orang tersebut seeraya berjalan sementara hadirin tertawa-tawa. Begitu pula dia kafir jika dia bertanya kepada seseorang, ‘Kemana kamu hendak pergi?’ Lalu yang ditanya menjawab, ‘Ke majlis ilmu’ lalu penanya yaitu orang tersebut berkata, ‘Jangan pergi, kalau kamu pergi maka istrimu talak’.”

Mulla Ali al-Qari berkata, “Dalam azh-Zhahiriyah tercantum, ‘Barangsiapa berkata kepada seorang fakih yang memotong kumisnya, ‘Betapa buruknya mencukur kumis dan membelitkan ujung surban di bawah jenggot’ maka dia kafir karena ini meremehkan ulama yang berarti meremehkan para nabi karena para ulama adalah pewaris para nabi, memotong kumis termasuk sunnah nabi-nabi. Jadi menjelek-jelekkannya adalah kufur tanpa perbedaan di antara ulama.”

Dinukil dari Ustadz Najmuddin al-Kindi di Samarkand bahwa siapa yang meniru muallim dengan nada melecehkan, dia mengambil tongkat lalu memukul anak-anak maka dia kafir, yakni karena pengajar al-Qur`an termasuk dalam golongan ulama syariat, jadi mengejeknya dan pengajarnya adalah kekufuran
.
Dalam al-Muhith disebutkan bahwa ada seorang fakih yang meninggalkan bukunya di sebuah toko lalu dia pergi, kemudian dia melewati toko tersebut, pemilik toko berkata, “Kamu melupakan gergaji di sini.” Fakih tersebut menjawab, “Itu bukan gergaji akan tetapi buku.” Pemilik toko berkata, “Gergaji dipakai oleh tukang kayu untuk memotong kayu sedangkan kalian memakai buku untuk memotong leher atau hak orang.” Maka fakih tersebut melapor kepada Imam Fadhli yakni Syaikh Muhammad bin al-Fadhl, Syaikh memerintahkan agar pemilik toko tersebut dibunuh karena dia kafir dengan menghina buku fikih.

Dalam al-Tatimmah disebutkan, “Barangsiapa menghina syariat atau masalah-masalah pokok darinya maka dia kafir. Barangsiapa menertawakan orang yang bertayamum maka dia kafir.”

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin ditanya tentang sebagian orang yang menghina dan mengolok-olok orang-orang yang berpegang teguh kepada agama Allah, apa hukum orang-orang itu? Syaikh menjawab, “Orang-orang yang menghina orang-orang yang berpegang kepada agama Allah, yang melaksanakan perintah-perintah Allah, pada diri mereka terdapat unsur kemunafikan.

Allah Taala berfirman tentang orang-orang munafik, “Orang-orang yang mencela orang-orang mukmin yang memberi sedekah dengan sukarela dan (mencela) orang-orang yang tidak memperoleh untuk disedekahkan selain sekedar kesanggupannya, maka orang-orang munafik itu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka itu, dan untuk mereka azab yang pedih.” (At-Taubah: 79).”

Kemudian jika mereka menghina orang-orang tersebut karena syariat yang mereka pegang maka penghinaan terhadap mereka adalah penghinaan terhadap syariat dan penghinaan terhadap syariat adalah kufur. Adapun jika mereka menghina mereka sari segi pribadi dan penampilan mereka tanpa memandang kepada sunnah yang mereka pegang maka mereka tidak kafir karena itu terkadang seseorang menghina orang lain dari sisi pribadinya tanpa terkait dengan perbuatan dan amalnya. Akan tetapi mereka di atas bahaya besar.

Dari Nawaqidhul Iman al-Qauliyah wal Fi’liyah, Dr Abdul Aziz bin Muhammad bin Abdul Lathif.
Powered By Blogger

Entri Populer